SNE Menyampaikan Pandangan Tentang Pedoman Baru WHO Mengenai Makanan Pelengkap

2 min read /
Pertumbuhan & Perkembangan Malnutrisi Obesitas

Brussels, 17 November 2023 - Specialised Nutrition Europe (SNE) telah menyampaikan pandangannya terhadap Pedoman baru dari World Health Organization (WHO) untuk makanan pelengkap bagi bayi dan anak-anak berusia 6-23 bulan.SNE berpendapat bahwa pedoman ini memiliki potensi untuk mempengaruhi hasil kesehatan yang diharapkan.

Pada 16 Oktober, WHO menerbitkan Pedoman baru ini. SNE menghargai tujuan dari Pedoman ini untuk memberikan rekomendasi berbasis bukti tentang makanan pelengkap dan mendukung ASI sebagai sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Namun, mereka menyampaikan kekhawatiran mereka tentang beberapa rekomendasi dan metodologi yang digunakan oleh WHO.

Pertama, SNE menunjukkan bahwa susu formula dan susu formula lanjutan tidak didefinisikan sebagai 'makanan pelengkap' sesuai dengan standar Codex dan peraturan EU. Mereka berpendapat bahwa kedua kategori produk ini seharusnya tidak termasuk dalam Pedoman ini.

Selain itu, Pedoman WHO menyatakan bahwa susu formula 'berkaitan dengan kematian dan morbiditas anak'. Industri nutrisi khusus Eropa menyampaikan ketidaksetujuan mereka dengan pernyataan ini, dengan menunjukkan bahwa banyak literatur ilmiah dan pedoman medis yang menyatakan bahwa formula adalah alternatif aman satu-satunya untuk ASI.

Lebih lanjut, Pedoman ini merekomendasikan penggunaan susu formula atau susu hewan untuk bayi 6-11 bulan yang tidak diberi ASI. SNE menunjukkan bahwa ini bertentangan dengan rekomendasi medis yang umum diterima bahwa susu sapi tidak boleh diperkenalkan dalam diet sebagai pengganti ASI sebelum satu tahun.

Akhirnya, SNE menyampaikan kekecewaan mereka bahwa Pedoman ini tidak membahas masalah keamanan makanan, yang mereka anggap sebagai komponen kunci dari nutrisi bayi dan anak-anak muda.

SNE berharap WHO akan mempertimbangkan ulang Pedoman ini dengan menggunakan metodologi ilmiah yang kuat sejalan dengan tujuan kesehatan masyarakat.

 

Referensi:

Specialised Nutrition Europe. (2013). Scientific opinion on nutrient requirements and dietary intakes of infants and young children in the european union. EFSA Journal, 11(10). https://doi.org/10.2903/j.efsa.2013.3408